Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Tingkat Kapanewon Imogiri

Imogiri - Peringatan HUT RI Ke-78 di lingkup Kapanewon Imogiri pada 17 Agustus 2023 diagendakan dengan 4 kegiatan. Pertama, upacara dilakukan di halaman Kantor Kapanewon Imogiri pada pukul 07.30. Kedua, dilanjutkan upacara detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih pukul 09.30 WIB bertempat di Lapangan Kalurahan Sriharjo. Kegiatan ketiga yaitu kegiatan Tabur Bunga di Makam Cenangan Kalurahan Imogiri dan Makam Singosaren Kalurahan Wukirsari. Kegiatan terakhir yaitu Upacara Penurunan Bendera pada sore hari.

Dalam upacara yang dilakukan di Halaman Kantor Imogiri bertindak sebagai Inspektur Upacara pengibaran Bendera tersebut  Kapolsek Imogiri Kompol Suharno. MKom. CEH. CHFI, perwira upacara AKP Pariyem, Danup Iptu Rudi Sunarto dan sebagai Komandan Kompi Bripka Rinfiatnoko, Briptu Angga Aditya Pratama serta dari TNI. Kemudian dilanjutkan kegiatan kedua yaitu pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang bertempat di Lapangan Kalurahan Sriharjo. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Panewu Imogiri Slamet Santosa,SIP dan tim Paskibra yang berasal dari siswa-siswi SMK Muhammadiyah Imogiri. Walaupun sempat hujan saat menjelang acara upacara dimulai, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta upacara untuk mengikuti upacara ini. Moment tersebut menunjukkan bahwa nasionalisme peserta upacara yang berasal dari siswa-siswi SD sampai SMA, Guru, Pamong Kalurahan dan anggota Ormas yang berada di wilayah Imogiri sangat tinggi. Hujan mulai reda disaat upacara dimulai dan upacara ini akhirnya dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.

Acara yang ketiga yaitu pelaksanaan tabur bunga. Rombongan yang terdiri dari Panewu Imogiri, Kapolsek Imogiri, Danramil Imogiri, Kepala Puskesmas Imogiri I & II, Lurah se-Kapanewon Imogiri melakukan kegiatan tabur bunga di dua tempat yaitu di Kalurahan Imogiri dan Kalurahan Wukirsari. Lokasi tabur bunga pertama yaitu di makam R. Soewondo Notosepoetro yang berada di kompleks makam Singosaren Kalurahan Wukirsari dan kemudian dilanjutkan ke makam Kyai Cek Nang yang merupakan seorang Pahlawan Kemerdekaan yang gugur ketika melawan penjajahan Belanda. Selain Kyai Cek Nang di komplek makam juga bersemayam Kyai Sumitro yang juga merupakan seorang pejuang kemerdekaan.

Kegiatan yang terakhir yaitu Upacara Penurunan Bendera di sore hari. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Danramil Imogiri Kapten CZI Suyadi. Upacara diawali dengan aubade dari tim paduan suara yang berasal dari SMP Imogiri dengan mempersembahkan lagu-lagu kebangsaan. Dilanjutkan dengan penurunan bendera  Merah Putih oleh anggota Paskibra.