Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Kapanewon Imogiri Tahun 2023

Imogiri - Selasa 2 Mei 2023 Kapanewon Imogiri menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. Upacara diselenggarakan di Halaman Kantor Kapanewon Imogiri dan dimulai pukul 07.30 WIB. Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.  Bertindak sebagai Inspektur Upacara Hardiknas Tahun 2023 yaitu Panewu Imogiri Slamet Santosa,S.IP. 

Dalam Pidato Menteri Pendidikan Nasional yang dibacakan oleh Panewu yaitu menyampaikan keberadaan pendidikan di Indonesia. ”Merdeka belajar sesuai dengan cita-cita Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik. Dengan tujuan peserta didik mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Anak-anak bisa belajar dengan tenang karena pembelajaran lebih holistik. Melalui platform merdeka, Guru bisa berlomba-lomba dan berbagi karya". Selain itu, kebijakan Merdeka Belajar juga mendorong adopsi model pembelajaran baru, seperti blended learning, yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online. Model ini bertujuan untuk memperkuat interaksi antara siswa dan guru serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. 

Melalui kebijakan Merdeka Belajar, Indonesia berharap dapat mencapai pendidikan yang merdeka, inklusif, dan berlandaskan pada kebudayaan bangsa Indonesia. Dalam cita-cita Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah suatu proses yang berkelanjutan dan berkesinambungan, yang mengedepankan kreativitas, kebebasan, dan kemandirian dalam proses pembelajaran. Semoga dengan Merdeka Belajar, pendidikan di Indonesia dapat semakin maju dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. 

Upacara dihadiri oleh pelajar, jajaran Forkompimkap Kapanewon Imogiri, Lurah se-Kapanewon Imogiri, Pamong Kalurahan, semua Karyawan-Karyawati  Kapanewon Imogiri dan di lingkup sekolah masing-masing sekolah mengirimkan 2 ASN dan 1 Kepala Sekolah. Adapun petugas dalam Upacara ini merupakan para Guru dan pembaca Doa berasal dari KUA Imogiri.