Upacara Bendera Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024 Tingkat Kapanewon Imogiri

Imogiri - Serangan Umum 1 Maret merupakan peristiwa sejarah yang sangat penting bagi penegakan dan pengakuan kedaulatan Negara Republik Indonesia. Dampak yang ditimbulkan dari peristiwa ini yaitu dapat membuktikan kepada dunia internasional bahwa Negara Indonesia masih ada dan mampu memberikan perlawanan terhadap penjajahan. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 20222 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara maka setiap tanggal 1 Maret diperingati sebagai Hari Penegakan Negara. 

 

Pada hari Jumat 1 Maret 2024, Kapanewon Imogiri menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024 bertempat di halaman kantor Kapanewon Imogiri. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Danramil Imogiri Kapten Czi Suyadi, sedangkan petugas upacara yang terdiri dari Komandan Pleton berasal dari Polsek Imogiri dan Koramil Imogiri, Petugas Pengibar Bendera berasal dari personil PKH Kapanewon Imogiri, pembaca Doa dari KUA Imogiri dan personil lainnya berasal dari karyawan-karyawati Kapanewon Imogiri. Dalam kesempatan ini Inspektur Upacara membacakan amanat Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024 dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hamengku Buwono X. Amanat yang dibacakan tersebut disampaikan, Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024, dengan Tema “ Kedaulatan yang Baradap Penentu Masa Depan Bangsa” merefleksikan sebuah ajakan untuk “gumregah” dan “manunggal nyawiji” menuju kedaulatan yang sejati.yang merupakan fondasi bagi kemajuan bangsa.

 

Hadir dalam Upacara Bendera ini yaitu Kapolsek Imogiri, Kepala KUA Imogiri, Kepala Puskesmas Imogiri I, Kepala Puskesmas Imogiri II dan seluruh Lurah se-Kapanewon Imogiri. Upacara diikuti oleh siswa-siswi SMP dan SMA, Pamong Kalurahan se-Kapanewon Imogiri dan seluruh karyawan-karyawati Kapanewon Imogiri. Upacara ini dapat berjalan aman, tertib dan khidmat.