Penyerahan Combine Harvester Ke Gapoktan Tani Mulyo Sriharjo

Imogiri - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyerahkan bantuan alat pertanian berupa Combine Harvester Bimo 102 pada hari Jumat 8 Maret 2024 bertempat di Kalurahan Sriharjo. Alat pertanian tersebut merupakan bantuan dari Direktorat Jendral Tanaman Pangan. Terdapat dua alat pertanian Combine Harvester yang diserahkan untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Ngupoyo Bogo Gadingsari Sanden dan Tani Mulyo Sriharjo Imogiri. 

 

Combine harvester merupakan alat panen dengan 3 fungsi yaitu sebagai alat panen, alat perontok padi dan juga sebagai alat pembajak sawah. Sebagai alat panen padi combine harvester ini mempunyai pisau yang panjangnya sekitar 120 cm. Pemotong ini akan bergerak secara otomatis saat mesin dijalankan dan memotong padi di hadapannya. Mesin ini bekerja secara otomatis dengan kecepatan memotong padi hingga 50 % lebih efisien dari pekerjaan manual. Sebagai alat pembajak sawah, karena alat ini mempunyai gerigi panjang berporos di sisi bagian bawah yang akan berputar dan membalikkan tanah.

 

Prinsip kerja dari mesin panen combine harvester adalah padi yang dipotong termasuk jeraminya, semuanya dimasukkan ke bagian perontokan. Gabah hasil perontokan ditampung dalam bagor, dan jeraminya di tebarkan secara acak di atas permukaan tanah. Semua jenis combine ini dioperasikan dengan cara dikendarai, yang dioperasikan oleh 2 orang operator. Satu orang sebagai pengemudi dan seorang lagi menjaga karung yang telah terisi gabah dan menyiapkan kembali karungnya. Bagian penggerak majunya adalah menggunakan roda.

 

Mesin panen combine harvester ini selain mempercepat proses pemanenan dan menghemat biaya upah buruh tani juga dapat mengurangi penyusutan hasil gabahnya, yang biasanya panen dengan sistem gepyok gabah bisa bertebaran dimana-mana maka dengan mesin combine harvester ini gabah yang dipanen akan ditampung dalam wadah yang berupa karung.