Lawan Perubahan Iklim, Polres Bantul Lakukan Reboisasi Di Watu Gagak Wukirsari

Imogiri - Bupati Bantul bersama jajaran KODIM 0729 dan Polres Bantul melakukan penanaman pohon di Watu Gagak, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Rabu (23/8/2024). Kegiatan ini merupakan inisiasi Polri dengan tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini” yang secara serentak dilaksanakan di seluruh Polda sampai tingkat Polres dan Polsek di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI dan juga mempersiapkan HUT ke-75 Polwan. Selain itu, upaya penanaman pohon ini guna mendukung pelestarian lingkungan dan mencegah perubahan iklim. Mengutip dari berbagai sumber apa yang disampaikan oleh Asisten Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo, inisiatif ini merupakan kesempatan bagi Polri untuk berpartisipasi dalam upaya global melawan perubahan iklim. Ia menyoroti kondisi perubahan iklim yang ekstrim, termasuk kekeringan dan kebakaran hutan di berbagai tempat, termasuk di Maui, Hawaii.

 

Dedi juga menekankan bahwa menjaga lingkungan adalah investasi untuk generasi mendatang. Penanaman pohon oleh Polri bukan hanya seremonial, tetapi akan berlanjut hingga Oktober 2023 dengan target 1 juta pohon. Ia berharap, upaya ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, saat diwawancarai menyampaikan bahwa dirinya turut menyambut baik dan mengucapkan apresiasi kepada jajaran TNI/Polri yang menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon ini. “Kondisi kita hari ini memerlukan penutup berupa vegetasi akibat penebangan pohon, maka harus dilakukan replanting dan reboisasi,” terang Bupati. 

 

Bupati menambahkan, saat ini adalah puncak musim kemarau dimana polusi meningkat, sehingga dengan penanaman pohon ini diharapkan kedepannya dapat meminimalisir polusi di udara. 

 

“Saya berharap, kegiatan penanaman pohon hari ini akan memperbaiki kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Bantul,” tandas Bupati. (Pemkab Bantul)