Launching Inovasi "Salur Kuning Plus" Dan Deklarasi Kampung Ramah Anak

Imogiri - Sebagai tindaklanjut Rapat Koordinasi antar instansi yang diselenggarakan pada hari Jumat 29 September 2023, Jawatan Sosial Kapanewon Imogiri meluncurkan program inovasi “Salur Kuning Plus” pada hari Selasa 21 November 2023 bertempat di Lapangan Karangrejek Kalurahan Karangtengah. Inovasi Salur Kuning Plus merupakan sebuah inovasi yang digagas oleh Jawatan Sosial Kapanewon Imogiri dalam rangka untuk menurunkan angka stunting yang terjadi di wilayah Kapanewon Imogiri. Program tersebut dilakukan dengan melakukan penyaluran Satu Telur dan Susu kepada anak yang menderita stunting. Padukuhan Karangrejek dipilih sebagai sasaran program Salur Kuning Plus dikarenakan di Padukuhan Karangrejek memiliki angka stunting yang tinggi di wilayah Kalurahan Karangtengah. Launching program ini dilakukan pemberian secara simbolis dengan memberikan telur  sebanyak 10 butir dan susu Pediasure 450 gram dalam setiap paketnya untuk dipergunakan selama 10 hari. Jangka waktu diberikannya paket tersebut yaitu selama 90 hari dan setiap Baduta stunting akan dilakukan monev setiap 2 minggu oleh Kader Padukuhan Karangrejek dan Puskesmas Imogiri II.

 

Selain kegiatan Launching program inovasi Salur Kuning Plus, dalam kegiatan ini juga dilakukan Deklarasi Kampung Ramah Anak. Kampung Ramah Anak adalah konsep lingkungan yang didesain dengan memprioritaskan kebutuhan dan hak-hak anak-anak. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak-anak. Dalam kampung ramah anak, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan bahagia, mendapatkan pendidikan yang baik, serta berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat. Pembacaan Deklarasi Kampung Ramah Anak dilakukan oleh Tuwandi selaku Dukuh Karangrejek dan Anwaraharjo selaku Dukuh Numpukan beserta tokoh masyarakat kedua Padukuhan tersebut. 

 

Acara dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantul (DP3APPKB Bantul), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Bantul, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Panewu Imogiri, Polsek Imogiri, Koramil Imogiri, Puskesmas Imogiri I, Puskesmas Imogiri II, Lurah Karangtengah, PLKB Kapanewon Imogiri dan Kader se-Padukuhan Karangrejek.