Kepala BMKG RI Kunjungi Sriharjo Untuk Membuka Sekolah Lapang Iklim Operasional Kabupaten Bantul Tahun 2024

Imogiri - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D melakukan kunjungan ke Sriharjo pada hari Jumat 28 Juni 2024. Kunjungan langsung Kepala BMKG ini dalam rangka Pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional Kabupaten Bantul Tahun 2024. SLI merupakan bentuk kerja nyata BMKG untuk mendorong petani untuk sadar iklim guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya produksi pertanian. 

 

Acara pembukaan ini diselenggarakan di Pendopo Srikemenut Pedukuhan Wunut, Sriharjo, Imogiri,  Bantul dan dihadiri oleh oleh Kepala BMKG, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, MT, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Kepala Stasiun Meteorologi DIY, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Panewu Imogiri berserta jajaran Forkompimkap, Lurah Sriharjo, dan tamu undangan lainnya.

 

Menurut Dwikorita Karnawati, sektor pertanian sangat berhubungan erat dengan keadaan cuaca dan iklim dan dampak buruk kejadian ekstrem cuaca/iklim dapat mengakibatkan penurunan produksi pertanian baik secara kuantitas maupun kualitasnya, berkembangnya hama penyakit disebabkan tidak berjalannya pola tanam yang baik yang kemudian dapat mengancam ketahanan pangan nasional.