Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk Serentak di Kapanewon Imogiri Bulan Mei 2023

Imogiri - Jumat 19 Mei 2023 Kapanewon Imogiri kembali melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk setelah libur pada bulan sebelumnya yaitu saat Bulan Suci Ramadhan. Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk kali ini dilakukan di Padukuhan Giriloyo Kalurahan Wukirsari, Kajorkulon Kalurahan Selopamioro, Jayan Kalurahan Kebonagung, Mojolegi Kalurahan Karangtengah, Minggiran Kalurahan Imogiri, Kradenan Kalurahan Girirejo dan Setran Kalurahan Karangtalun.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu tim yang terdiri dari lintas sektoral di Kapanewon Imogiri yaitu Polsek Imogiri, Koramil Imogiri, Puskesmas Imogiri 1, Puskesmas Imogiri II, Kalurahan, KUA Imogiri dan para Kader di masing-masing Kalurahan. Sistematika kegiatan ini yaitu di setiap Kalurahan terdapat tim yang melakukan peninjauan langsung ke rumah-rumah warga, untuk selanjutnya akan dilakukan pendataan yang kemudian akan didapatkan Angka Bebas Jentik (ABJ). Angka Bebas Jentik (ABJ) adalah ukuran yang dipakai untuk mengetahui kepadatan jentik dengan cara menghitung rumah atau bangunan yang tidak dijumpai jentik dibagi dengan seluruh jumlah rumah atau bangunan. Saat melakukan peninjauan jika di rumah warga terdapat jentik-jentik nyamuk maka akan dilakukan pembersihan tempat yang terdapat jentik-jentik tersebut dan kemudian mensosialisasikan kepada warga agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Peran serta masyarakat sangat penting dalam pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M yaitu : Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air ; Menutup tempat penampungan air; Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.