Abdi Dalem Kraton Kasunanan Surakarta Gelar Acara Nyadran Di Makam Raja-Raja Mataram Imogiri

Imogiri - Rabu 21 Januari 2024 Abdi Dalem Kraton Surakarta Hadiningrat yang bertugas di Imogiri melakukan kegiatan Nyadran. Kegiatan Nyadran sendiri merupakan tradisi turun temurun untuk melakukan ziarah ke makam para leluhur sebelum datangnya Bulan Suci Ramadhan yaitu pada Bulan Ruwah (Kalender Jawa) atau Bulan Sya’ban (Kalender Hijriyah). Kegiatan Nyadran dimaksudkan sebagai sarana mendoakan para leluhur yang telah meninggal dunia, mengingatkan diri bahwa semua manusia pada akhirnya akan mengalami kematian, juga dijadikan sebagai sarana guna melestrikan budaya.

 

Kegiatan Nyadran ini diawali dengan prosesi membawa Ubo Rampe dari Kantor Bupati Juru Kunci Puroloyo Surakarta yang bertempat di Paseban Kalurahan Imogiri menuju Bangsal Sapit Urang yang berada di tengah Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Imogiri dengan berjalan kaki atau biasa disebut dengan Kirab. Setelah sampai di Bangsal Sapit Urang kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama dan melakukan tabur bunga ke makam Sultan Agung Hanyakrokusomo beserta kerabat dan seluruh makam Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

 

Hadir dalam kegiatan yang bertempat di Bangsal Sapit Urang yaitu Panewu Imogiri Slamet Santosa,S.IP dan seluruh Abdi Dalem yang bertugas di Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Imogiri baik dari Surakarta Hadiningrat maupun Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain itu, Kapolsek Imogiri, Danramil Imogiri dan Lurah se-Kapanewon Imogiri hadir di tempat start atau dimulainya acara ini yaitu di Kantor Bupati Juru Kunci Puroloyo Surakarta.