Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul Nomor 123 Tahun 2019 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Kapanewon, Kapanewon merupakan Perangkat Daerah yang dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat Kalurahan.

Susunan Organisasi Kapanewon terdiri dari :

a.     Panewu;

b.     Sekretariat yang membawahi :

1.     Subbagian Program dan Keuangan; dan

2.     Subbagian Umum dan Kepegawaian;

c.      Jawatan Praja;

d.     Jawatan Keamanan;

e.     Jawatan Kemakmuran;

f.       Jawatan Sosial;

g.     Jawatan Pelayanan Umum; dan

h.     Jabatan Fungsional


Kedudukan

Kapanewon dipimpin oleh Panewu yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.


Wilayah Administrasi

Kapanewon Imogiri berada di sebelah Tenggra Ibukota Kabupaten Bantul, dengan luas wilayah 5.448,6880 ha dan memiliki wilayah administrasi yang mencakup 8 Kalurahan :

  1. Kalurahan Selopamioro
  2. Kalurahan Sriharjo
  3. Kalurahan Kebonagung
  4. Kalurahan Imogiri,
  5. Kalurahan Karangtalun,
  6. Kalurahan Karangtengah,
  7. Kalurahan Wukirsari
  8. Kalurahan Girirejo.


Kondisi Geografis

Wilayah Kapanewon Imogiri berbatasan dengan :

  1. Utara : Kapanewon Jetis dan Pleret;
  2. Timur : Kapanewon Dlingo;
  3. Selatan : Kapanewon Pundong dan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul
  4. Barat : Kapanewon Jetis


Klimatologi

Kapanewon Imogiri beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kapanewon Imogiri adalah 26ºC dengan suhu terendah 23ºC.


Penduduk

Kapanewon Imogiri dihuni oleh 13.119 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kapanewon Imogiri adalah 63.446 orang dengan jumlah penduduk laki-laki 31.549 orang dan penduduk perempuan 31.987 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kapanewon Imogiri adalah 1.934 . jiwa/Km². Sebagian besar penduduk Kapanewon Imogiri adalah petani. Dari data monografi Kapanewon tercatat 13.431 orang atau 23,83% penduduk Kapanewon Imogiri bekerja di sektor pertanian.


Sentra Industri

  1. Pucung Wukirsari - Sentra kerajinan Wayang Kulit tatah sungging
  2. Giriloyo Wukirsari - Sentra kerajinan batik
  3. Banyusumurup Girirejo - Sentra kerajinan keris.
  4. Imogiri - sentra pembuatan makanan keripik tempe.


Wisata Budaya

  • Komplek Makam Raja-Raja Mataram

Kompleks ini berada di Kalurahan Girirejo Kapanewon Imogiri, Kab Bantul. Komplek makam ini merupakan komplek makam yang diperuntukkan bagi raja raja Mataram dan keluarganya. Makam ini didirikan oleh Sultan Agung antara tahun 1632 - 1640M.


  • Makam Banyusumurup

Tokoh yang dimakarnkan disini adalah Pangeran Pekik. Beliau adalah putra Pangeran Purbaya seorang penguasa di Surabaya pada sekitar abad 17 M. Setelah Surabaya ditaklukan oleh Mataram pada tahun 1625 maka Sultan Agung memerintahkan Pangeran Pekik untuk pindah ke Mataram dan dikawinkan dengan adik Sultan Agung yaitu Ratu Pandansari. Kompleks makam Banyusumurup merupakan kompleks makam yang berada 2 Km sebelah selatan kompleks makam Imogiri.


  • Makam Giriloyo

Makam Giriloyo berlokasi di Cengkehan, Wukirsari. Makam Giriloyo merupakan peninggalan masa Islam sekitar abad 17 M dan sampai saat ini masih dikeramatkan oleh masyarakat. Tokoh yang dimakamkan disini yaitu Pangeran Juminah. Beliau adalah Paman Sultan Agung. Pada mulanya makam ini dipersiapkan bagi makam Sultan Agung beserta keluarganya, tetapi yang di makamkan pertamakali adalah Pangeran Juminah, maka Sultan Agung membatalkan dan kemudian makam dirinya dipindah ke Pajimatan Imogiri.


  • Masjid Banyusumurup

Masjid Banyusumurup terletak di Desa Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Masjid ini berdiri diatas tanah seluas 538 M². Luas bangunan 228 M². Masjid Banyusumurip memiliki arsitektur Jawa yaitu bentuk Joglo dengan 4 tiang penyangga (sokoguru) yang berdiri di atas ompak batu. Secara keseluruhan, bentuk dan bagian masjid mirip dengan masjid kraton lain. Bagian-bagian bangunannya terdiri dari ruang utama, serambi, pawestren, dan kolam.


Alamat

Kantor Kapanewon Imogiri beralamatkan di Ngancar, Karangtalun, Imogiri. Kode Pos 55782. Telepon (0274) 6460652.