Balai Penyuluh Pertanian Imogiri Panen Ubi Cilembu Polybag

Ahad Kliwon, 5 Mei 2019 19:42 WIB ∼ 161

Foto Berita

Camat Imogiri, Dra. Sri Kayatun dan Ir. Yunianti Setyorini, MSc menunjukkan contoh hasil tanam ubi Cilembu dalam Polybag.

Kreativitas dan tangan terampil sangat dibutuhkan untuk meyakinkan dan membuktikan kepada  masyarakat bahwa alam sekitar kita menyediakan sumber daya yang mampu mengurangi masalah kemiskinan.Ditengah-tengah berkurangnya minat  generasi muda di bidang pertanian dan perikanan  juga diperlukan  ada peran  dari segenap pemangku kepentingan untuk menumbuhkan minat agar ada regenerasi pejuang di bidang olah tanah pertanian tetap berjalan.

Setidaknya hal ini telah dilakukan oleh  Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Imogiri, Muslih Sawiji dan segenap penyuluh pertanian maupun perikanan. Di halaman kantor Balai Penyuluh Pertanian bisa disaksikan berbagai tanaman, baik berupa bibit tanaman langka maupun tanaman yang sudah berbuah. Ada tanaman sayuran hidroponik. Ada pula kolam lele bulat terbuat dari terpal. Selain melakukan penyuluhan kepada para petani di wilayah Kecamatan Imogiri, menanggapi kunjungan studi komparasi dari berbagai daerah juga menerima kunjungan dari anak-anak sekolah di wilayah Kecamatan Imogiri baik dari anak PAUD, TK, SD, SMP maupun SMA. Anak-anak sangat antusias mendengarkan penjelasan dan memperhatikan peragaan para penyuluh. Dengan cara ini diharapkan mereka nantinya berminat menekuni bidang yang mampu menyediakan kebutuhan bahan pangan.

Salah satu kreativitas adalah penanaman ubi madu cilembu dalam polybag. Ini semakin meyakinkan bahwa setiap individu, setiap keluarga bisa menyiapkan ketersediaan bahan pangan secara mandiri. Karena bertanam tidak butuh lahan yang luas. Media tanam satu karung plastik ternyata bisa menghasilkan 10 kg ubi cilembu dengan cara menanam melubangi dari arah samping, Selain ubinya, daunnya juga merupakan sayuran sehat untuk dikonsumsi. Selasa, 30 April 2019 panen telah dilakukan. Smoga lebih menginspirasi masyarakat untuk mandiri (Cmt)


Puskesmas
di Kecamatan Imogiri

Puskesmas Imogiri I

Puskesmas Imogiri I

Ngancar, Karangtalun, Imogiri, Bantul
(0274) 6994013

Puskesmas Imogiri II

Puskesmas Imogiri II

Mojohuro, Sriharjo, Imogiri, Bantul
(0274) 6464461

Komando Rayon Militer Imogiri

Koramil / Komando Rayon Militer Imogiri

Jl. Imogiri Bantul

Kepolisian Sektor Imogiri

Polsek / Kepolisian Sektor Imogiri

Jl. Makam Suci Imogiri Bantul
(0274) 368252

Kantor Urusan Agama Imogiri

KUA / Kantor Urusan Agama Imogiri

Pundung, Wukirsari, Imogiri, Bantul
(0274) 6994064