Gerakan Penanganan Masalah Kesehatan Pasca Bencana

Ahad Wage, 14 April 2019 07:40 WIB ∼ 77

Foto Berita

Para peserta Koordinasi Gerakan Penanganan Masalah Kesehatan Pasca Bencana Alam Kecamatan Imogiri

Rapat koordinasi berupa gerakan penanganan masalah kesehatan pasca bencana digelar Puskesmas Imogiri 1 bertempat di Aula Kecamatan Imogiri, Hari Sabtu 13 April 2019. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Puskesmas Imogiri 1, dr. Florentina Sita Murti beserta jajaran, Camat Imogiri Dra. Sri Kayatun, segenap lurah, dukuh dan kader kesehatan  di wilayah kerja Puskesmas Imogiri 1.

Bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Imogiri menyisakan masalah kesehatan, bahkan telah ada korban  leptospirosis yang meninggal dan ada 3 orang masih dalam proses penyembuhan. Disamping trauma dan penyakit lainnya berupa infeksi kulit, pencernakan karena kondisi air sempat tercemar, dan penyakit lain yang dikhawatirkan adalah DB Dongue. Timbunan samapah tidak terelakkan karena banjir menyisakan barang-barang perlengkapan rumah tangga yang tidak bisa dimanfaatkan lagi. Untuk itu koordinasi digelar agar segala permasalahan bisa disampaikan untuk solusi yang terbaik.

Camat Imogiri dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanganan bencana skala makro telah diupayakan dengan banyak pihak. Dan telah mendapatkan perhatian tidak hanya dari Pemerintah  Kabupaten Bantul, tetapi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah hadir menyaksikan dampak bencana, harapan besar pencegahan telah berproses dalam perencanaan dan Imogiri tidak lagi wilayah langganan banjir. Akan tetapi semua tetap harus diantisipasi. proses edukasi siaga bagi masyarakat harus tetap dilaksanakan. Juga edukasi siaga pasca bencana dengan penyuluhan secara intensif agar masyarakat tetap berjaga-jaga jika sewaktu waktu terjadi bencana. Terkait dengan penanganan leptospirosis membutuhkan koordinasi dari banyak pihak dan ini menjadi kewenangan kecamatan  dalam koordinasi komprehensip tingkat kecamatan dan akan segera dilaksanakan setelah Pemilu. Edukasi terhadap penanganan sampah rumah tangga terus menerus harus dilaksanakanan karena rumah tangga menjadi penyumbang sampah terbesar. (Cmt)

 


Puskesmas
di Kecamatan Imogiri

Puskesmas Imogiri I

Puskesmas Imogiri I

Ngancar, Karangtalun, Imogiri, Bantul
(0274) 6994013

Puskesmas Imogiri II

Puskesmas Imogiri II

Mojohuro, Sriharjo, Imogiri, Bantul
(0274) 6464461

Komando Rayon Militer Imogiri

Koramil / Komando Rayon Militer Imogiri

Jl. Imogiri Bantul

Kepolisian Sektor Imogiri

Polsek / Kepolisian Sektor Imogiri

Jl. Makam Suci Imogiri Bantul
(0274) 368252

Kantor Urusan Agama Imogiri

KUA / Kantor Urusan Agama Imogiri

Pundung, Wukirsari, Imogiri, Bantul
(0274) 6994064