Mengenal Filosofi Motif Batik Ke II

Rabu Pahing, 8 April 2015 08:19 WIB ∼ 1310

Foto Berita

Motif Batik Sido Asih.

Rabu, 08 April 2015 kita mengenal lagi tentang Filosofi Motif Batik Semen menonjolkan bentuk tumbuhan dengan akar sulurnya dimaknai semi atau tumbuh sebagai lambang kesuburan,kemakmuran dan alam semesta. Sedang Motif Udan Liris termasung dalam pola geometris yang tergolong motif Lereng disusun secara garis miring diartikan sebagi hujan gerimis yang menyuburkaan tumbuhan dan ternak.

Secara keseluruhan motif juga tersusun dari motif Lidah Api, Setengah Kawung,Banji Sawut,Mlinjon,Tritis, ada-ada dan Untu Walang yang diatur diagonal memanjang ini bermakna pengharapan agar pemakainya dapat selamat sejahtera, tabah dan berprakasa dalam menunaikan kewajiban bagi kepentingan nusa dan bangsa.

Motif Sawat bermakna ketabahan hati, sedangkan Motif Cemungkiran yang berbentuk seperti Lidah Api dan Sinar merupakan unsur kehidupan yang melambang keberanian,kesaktian,ambisi,dan keagungan yang diibaratkan seperti dewa syiwa yang dalam masyarakat Jawa dipercaya menjelma dalam diri seorang raja sehingga hanya berhak dipakai oleh raja dan putra mahkota.

Seiring dengan perkembangan jaman, batik larangan sudah tidak sekuat dulu lagi dalam penerapannya. Bahkkan motif-motif tersebut sekarang sudah banyak dikenakan masyarakat diluar tembok kraton. Kendati begitu Mari S. Condronegoro  G. BRAY Hj. Mardokhusumo menghimbau masyarakat umum yang bukan kerabat kraton untuk tidak mengenakan motif tersebut, terutama Motif Parang Rusak Barong saat berada di dalam tembok kraton,untuk menjaga wibawa Sultan.

Motif Sido Mukti dikenakan ketika untuk pernikahan disarankan mempelai mengenakan kain batik dang motif yang berawalan dengan SIDO, seperti Sido Mulyo. Sid Luhur, Sido Asih dan Sido Mukti. Atau kalau tidak, bisa mengenakan Motif Truntum, Wahyu Truntum, Semen Gurdha, Semen Rama dan Semen Jlekitet. Masing- masing mengandung maksud agar kedua mempelai mendapatkan kebahagian, kemakmuran dan menjadi orang terpandang. ( @pRi )


Puskesmas
di Kapanewon Imogiri

Puskesmas Imogiri I

Puskesmas Imogiri I

Ngancar, Karangtalun, Imogiri, Bantul
(0274) 6994013

Puskesmas Imogiri II

Puskesmas Imogiri II

Mojohuro, Sriharjo, Imogiri, Bantul
(0274) 6464461

Komando Rayon Militer Imogiri

Koramil / Komando Rayon Militer Imogiri

Jl. Imogiri Bantul

Kepolisian Sektor Imogiri

Polsek / Kepolisian Sektor Imogiri

Jl. Makam Suci Imogiri Bantul
(0274) 368252

Kantor Urusan Agama Imogiri

KUA / Kantor Urusan Agama Imogiri

Pundung, Wukirsari, Imogiri, Bantul
(0274) 6994064