Yok Mengenal Jenis Wayang

Senin Pahing, 22 Juni 2015 11:11 WIB ∼ 596

Foto Berita

Mari kita lebih jauh mengenal Jenis jenis wayang, agar lebih memhami terlebih kita orang jawa agar mengenal betul tentang wayang.

Ada 5 ( lima ) jenis wayang  yaitu :

1. Wayang Beber

Wayang beber merupakan salah satu jenis wayang tertua di Indonesia. Dalam pertunjukannya narasi ini,lembaran gambar panjang dijelaskan oleh seorang dalang. Wayang beber tertua dpat ditemukan di Pacitan, Ponorogo Jawa Timur. Selain dari kisah- kisah Mahabarata dab Ramayana. Wayang beber juga nenggunanakan kisah - kisah dari cerita rakyat seperti kisah Panji asmara bangundan Dewi sekar taji.

2. Wayang Kulit.

Di Jawa Tengan, DIY dan Jawa Timur jenis wayang yang paling populer adalah wayng kulit atau wayang kulit purwo. Wayang ini berbentuk pipih dan tebuat dari kulit Sapi, Kerbau dan Kambing. Lengan dan kakinya bisa digerakan. Di Bali dan Jawa pertunjukan wayang kulit sering kali menggabung cerita Hindu,Budha dan Islam. Selain kisah -kisah religius ada cerita rakyat serta mitos.

3 Wayang Klitik ( Karucil )

Bentuk wayang ini mirip dengan wayang kulit, namun terbuat dari kayu  bukan kulit. Mereka juga menggunakan bayang dalam pertunjukan. Kata Klitik berasal dari suara kayu yang bersentuan disaat wayang digerakan atau saat ada perkelahian. Kisah - kisah wayang berasal dari kerajaan Jawa Timur seperti kerajaan Jenggala, Kediri, dan Majapahit. Cerita yang paling populer Damarwulan.

4. Wayang Golek.

Pertunjukan ini dilakukan menggunakan wayang tiga dimensi yang terbuat dari kayu. Jenis wayang ini paling populer di Jawa Barat. Ada dua ( 2 ) macam wayang golek, yaitu wayang golek papak cepak dan wayang goleh purwa. Wayang goleh yang banyak dikenal orang adalah wayang goleh purwa. Kisah -kisah yang digunakan sering mengacu pada tradisi Jawa dan Islam, seperti kisah Pangeran Panji, Damarwulan, dan Amir Hamzah.

5. Wayang Wong.

Jenis wayang ini adalah sebuah drama tari yang menggunakan manusia untuk memerankan tokoh -tokoh yang didasarkan pada kisah-kisah wayang trdisonal. Cerita yang sering digunakan adalah smaradahana. Awalnya wayang orang dipertujukan sebagai hiburan para bangsawan, namun kini menyebar menjadi bentuk kesenian populer. ( @pRi )


Puskesmas
di Kecamatan Imogiri

Puskesmas Imogiri I

Puskesmas Imogiri I

Ngancar, Karangtalun, Imogiri, Bantul
(0274) 6994013

Puskesmas Imogiri II

Puskesmas Imogiri II

Mojohuro, Sriharjo, Imogiri, Bantul
(0274) 6464461

Komando Rayon Militer Imogiri

Koramil / Komando Rayon Militer Imogiri

Jl. Imogiri Bantul

Kepolisian Sektor Imogiri

Polsek / Kepolisian Sektor Imogiri

Jl. Makam Suci Imogiri Bantul
(0274) 368252

Kantor Urusan Agama Imogiri

KUA / Kantor Urusan Agama Imogiri

Pundung, Wukirsari, Imogiri, Bantul
(0274) 6994064