Mengenal Filosofi Motif Batik

Senin Pon, 30 Maret 2015 13:54 WIB ∼ 704

Foto Berita

 Subdomain Kecamatan Imogiri Senin 30 Maret 2015 berjalan menulusuri Kampung  Batik Tulis di Girloyo akan lebih mengenal macam-macam motif batik, diantaranya adalah :

Motif Parang Barong

Pola Parang Rusak Barong.

Diciptakan oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo sebagai ekpresi pengalaman jiwanya sebagai Raja dengan segala predikat dalam tugas yang diembannya. Terlebih karena kesadaran sebagai seorang hamba yang kecil di hadapan Sang Maha Pencipta. Kata Barong berati semua yang besar, hal ini digambarkan pada besarnya ukuran motif tersebut pada kain. Merupakan semua induk dari semua pola Parang. Pola Parang Barong dulu hanya boleh dikenakan oleh seorang Raja. Semua ini mempunyai makna agar seorang Raja selalu berhati-hati dan dapat mengendalikan diri. Motif Parang sendiri mengalami perkembangan dan memunculkan motif-motif lain seperti Parang Rusak Barong, Parang Kusumo, Parang Pamo, Parang Klithik dan Parang Lereng Sobrah.

Karena penciptanya Kerajaan Mataram maka oleh kerajaan motif-motif Parang tersebut hanya diperkenakan dipakai oleh Raja dan keturunannya serta tidak boleh dipakai oleh rakyat biasa. Jenis batik ini kemudian dimasukkan sebagai kelompok batik Larangan.


Puskesmas
di Kecamatan Imogiri

Puskesmas Imogiri I

Puskesmas Imogiri I

Ngancar, Karangtalun, Imogiri, Bantul
(0274) 6994013

Puskesmas Imogiri II

Puskesmas Imogiri II

Mojohuro, Sriharjo, Imogiri, Bantul
(0274) 6464461

Komando Rayon Militer Imogiri

Koramil / Komando Rayon Militer Imogiri

Jl. Imogiri Bantul

Kepolisian Sektor Imogiri

Polsek / Kepolisian Sektor Imogiri

Jl. Makam Suci Imogiri Bantul
(0274) 368252

Kantor Urusan Agama Imogiri

KUA / Kantor Urusan Agama Imogiri

Pundung, Wukirsari, Imogiri, Bantul
(0274) 6994064